Perut Begah karena Terlalu Banyak Makan? Ini 6 Tahapan Mengatasinya

aura.co.id | 3 Agustus 2020 | 23:59 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sesekali Anda pasti pernah makan berlebih (terutama ketika menghadiri pesta), hingga perut Anda terasa begah bahkan terkadang timbul rasa sakit. Jika sudah kejadian seperti ini, segeralah beranjak dari meja makan agar Anda tidak kembali menyuap sesendok makanan ke dalam mulut.

Selain menjauhi sumber makanan, beberapa tip berikut juga bisa jadi solusi bagi perut begah Anda:

Setelah 5 menit

Jika perut Anda masih bisa menampung makanan, cobalah untuk meminum teh peppermint yang bisa membantu alat pencernaan kembali rileks. Bagi pecinta kopi, Anda bisa menggantinya dengan secangkir kopi untuk membantu meredakan rasa begah. Namun, Anda yang sensitif terhadap reaksi kafein sebaiknya berhati-hati karena konsumsi kafein justru bisa memicu masalah baru.

Setelah 15 menit

Hindari duduk apalagi berbaring karena kebiasaan ini menimbulkan tekanan pada perut dan memicu sensasi terbakar. Anda bisa melakukan aktivitas ringan seperti mencuci piring.

Setelah 30 menit

Sering dengar kebanyakan orang berjalan supaya makanan cepat turun? Kebiasaan ini tepat dan dianjurkan karena berjalan bisa membantu makanan bergerak lebih cepat di dalam tubuh seperti dilansir laman Dr.Oz The Good Life.

1-2 jam kemudian

Hindari untuk berbaring horizontal atau posisi kepala di bawah perut karena bisa memicu gangguan lambung. Sebaliknya, Anda bisa melakukan child's pose (yoga) atau berbaring dengan punggung dan memeluk kedua lutut di depan dada.

2-3 jam kemudian

Makanan yang dikonsumsi biasanya telah diproses dalam tubuh, sehingga risiko Anda terkena gangguan lambung berkurang. Pada waktu ini, Anda diizinkan untuk berbaring horizontal.

5-6 jam kemudian

Jika Anda makan berlebihan pada saat jam makan siang, maka sebaiknya konsumsi makanan yang lebih sedikit pada saat jam makan malam. Tujuannya agar kebutuhan kalori harian Anda tidak berlebih. Jangan lupa untuk memilih makanan yang lebih sehat tentunya dalam porsi yang cukup.

Keesokan harinya

Mulailah hari dengan mengonsumsi sarapan dengan gizi yang seimbang. Hindari untuk mengurangi porsi makan karena ingin "membalas" konsumsi makanan yang berlebih kemarin. Mengurangi jumlah kalori hanya akan membuat nafsu makan bertambah yang akhirnya akan mendorong Anda untuk kembali makan berlebih.

 

Penulis : aura.co.id
Editor: aura.co.id
Berita Terkait